Bersama Bojan Hodak, PSM Mulai Berlatih pada 8 Januari

By Abdi Satria


nusakini.com-Makassar-Pelatih anyar PSM Makassar, Bojan Hodak dijadwalkan tiba di Makassar pada 5 Januari. Dan pada 8 Januari, skuat Juku Eja akan melakoni latihan perdana. Hal itu diungkap Munafri Arufuddin, CEO PSM kepada awak media di kediamannya, Jl, Chairil Anwar Makassar, Selasa (31/12). 

Menurut Munafri, sebelum latihan, Hodak akan berdiskusi dulu dengan staf pelatih di PSM. Dari diskusi itu diharapkan ada gambaran buat Hodak untuk membuat kerangka tim. Khususnya menghadapi babak play off Piala AFC menghadapi Lalelok United, 22 dan 29 Januari. "Soal penambahan pemain sejalan dengan waktu dan evaluasi," kata Munafri.

Secara khusus, Hodak meminta manajemen PSM segera mungkin mendapatkan striker berpostur jangkung dan sudah pernah bermain di Indonesia. Alasannya, sang pemain tidak butuh adaptasi dan tidak sulit mengurus izin administrasi.

Munafri menjelaskan, pemilihan mantan pelatih timnas U-19 Malaysia ini sudah seusai dengan kriteria manajemen. Diantaranya punya pengalaman melatih di Asia Tenggara. "Pada pertemuan kami di Surabaya 30 Desember lalu, coach Hodak mengaku sudah mempelajari karakter permainan PSM pada Liga 1 musim lalu," terang Munafri. Terkait dengan materi pemain, Hodak meminta manajemen agar mempertahankan tiga pemain muda, Asnawi Mangkualam, Firza Andika dan Rizky Eka Pratama.

Dilain pihak, Munafri juga meminta Hodak membawa PSM meraih juara atau minimal runner-up Liga 1 2020. Begitu juga di Piala AFC, minimal lolos ke semifinal Zona Asean. "Itu target realistis karena kami sudah pernah mencapainya," tegas Munafri.

Munafri juga meminta suporter mendukung pilihan manajemen. "Hodak bukan tukang sulap. Tapi, tentu ada evaluasi.Hanya saya tegaskan, saya bukan pribadi yang langsung memecat pelatih yang baru gagal pada beberapa laga," pungkas Munafti. (ab)